Microsoft Akan Luncurkan Windows 10

Windows 10 | lifehacker.com
Banyak yang menantikan update sistem operasi Microsoft Windows 8.1. Selama ini, publik mengira Microsoft akan merilis Windows 9 sebagai penggantinya. Namun ternyata, Microsoft memperkenalkan Windows 10 sebagai sistem operasi barunya.
Pengumuman tentang Windows 10 sebagai penerus Windows 8.1 dilakukan oleh Microsoft pada Rabu (1/10/2014). Dalam acara tersebut, Corporate Vice President Operating Systems Group  Microsoft, Joe Belfiore mengatakan, "Windows 10 akan digunakan di banyak perangkat, mulai dari semua peranti yang terhubung dengan internet hingga server dan datacenter di seluruh dunia."
Dengan mencoba Windows 10 Technical Preview dapat dilihat dan dirasakan beberapa fitur baru dan berikut hal baru Windows 10 yang di kutip dari lifehacker.com.

Windows Versi selanjutnya disebut Windows 10

Windows 10 | lifehacker.com
Windows melewatkan Windows 9 sepenuhnya tanpa alasan yang jelas. Namun beberapa rumor mengatakan agar Windows selanjutnya tidak membingungkan dengan Windows versi sebelumnya yaitu Windows 95-98.

Kembalinya Start Menu
Start Menu pada Windows 10
Tampaknya pengguna Windows 8 tidak akan melihat Start Menu pada desktop sampai nanti versi Windows 10. Start menu baru akan tampak akrab, dengan beberapa fitur dari Windows 8, termasuk live tiles yang dapat diubah ukurannya dan dapat bergerak di sekitarnya. Bahkan ukuran seluruh Start Menu dapat diubah sesuai dengan keinginan. Microsoft mengatakan hal ini bertujuan untuk personalisasi yang mumpuni, sehingga pengguna dapat menyesuaikan Start menu sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini juga akan mencakup pencarian universal, sama halnya dengan Start menu lama tetapi dengan penambahan hasil web.

Apps Modern Tampil di Desktop, Dalam Bentuk Windowed 
Aplikasi tampil dengan windowed pada Windows 10
Microsoft secara resmi membawa aplikasi "modern" untuk desktop, seperti ModernMix yang saat ini tidak tersedia pada Windows 8 yang akan disebut "aplikasi universal," dan digunakan pada semua aplikasi windowed lainnya pada desktop.

Peningkatan Multitasking dan Multiple Desktops
Multitasking pada Windows 10
Mengambil pelajaran dari OS X dan Linux, Microsoft akhirnya menambahkan dua fitur yang sangat populer untuk Windows: seperti  fitur Expose, multitasking yang disebut "Task View", di mana semua jendela yang terbuka dapat dilihat sekaligus, dan kemampuan untuk menampilkan beberapa desktop agar bisa mengatur jendela dengan lebih baik (dikenal sebagai Spaces pada Mac). Multitasking baru ini dapat ditampilkan melalui tombol "Task View" di taskbar.
Aero Snap juga mendapatkan sedikit update, menampilkan hingga empat jendela sekaligus yang akan menunjukkan preview jendela dari jendela lain yang sedang terbuka sehingga dengan pengguna dapat menyeretnya untuk ditampilkan.

Command Prompt Diperbarui
Update Command Prompt Windows 10
Microsoft juga memperbarui command prompt pada Windows 10.
Sebenarnya hanya sebuah update yaitu kemampuan untuk menyisipkan sebuah direktori ke Command Prompt dengan Ctrl + V (bukan mengklik kanan, seperti versi sebelumnya). Mungkin sedikit update konyol, tetapi bagi yang pernah menggunakan Command Prompt akan tahu betapa bergunanya hal ini. Mudah-mudahan mereka menambahkan beberapa fitur lainnya ke terminal sebelum peluncuran.

Update untuk Antarmuka Sentuh
Tujuan besar Microsoft dengan Windows 10 adalah untuk menciptakan pengalaman terpadu di seluruh perangkat, termasuk tablet dan PC. Kedengarannya akan menyerupai Windows 8, tapi mereka mengatakan akan membuatnya berbeda. Misalnya swipe gesture untuk Task View, dan jendela yang memiliki tombol besar agar mudah disentuh. Windows akan secara otomatis beralih ke tampilan yang lebih ramah-sentuhan ini ketika mendeteksi pengguna menggunakan layar sentuh.

Tahap Awal
Microsoft mengatakan Windows 10 masih dalam tahap sangat awal dan akan segera merilis preview build, ada kemungkinan banyak fitur baru yang akan ditambahkan dan banyak perbaikan pada antarmuka luar seperti apa yang telah kita lihat hari ini (Charms bar, misalnya, kemungkinan akan berubah menurut Microsoft).
Kita akan melihat lebih banyak lagi tentang Windows 10 pada konferensi Microsoft's BUILD pada bulan April, dan Windows 10 akan diluncurkan pada "tahun 2015" mendatang. Belum ada patokan harga disampaikan, namun bagi yang penasaran dengan Windows 10 bisa mengunduh Windows Technical Preview pada link ini http://windows.microsoft.com/en-us/windows/preview-iso.

chip.co.id | lifehacker.com

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Cuti Bersama di Indonesia

Jadwal Per Delapan Final (16 Besar) Euro 2016