Microsoft Pamerkan Fitur Utama Visual Studio 2010

Meski belum dipastikan kapan akan diluncurkan, Microsoft mengungkapkan secara detil fitur-fitur terbaru dalam software terbarunya, Visual Studio 2010. Generasi terbaru software yang menyediakan platform pengembangan aplikasi tersebut akan diperkuat di sisi kemudahan untuk mengembangkan aplikasi.

Dua fitur utama software penerus Visual Studio 2008 tersebut adalah modelling dan testing. Visual Studio 2010 juga menyediakan fitur yang membuat pengembang aplikasi, arsitek software, dan tester untuk bekerja sama lebih mudah melalui Visual Studio Team System 2010 yang sebelumnya disebut dengan kode Rosario.


"Saat pengembang menulis kode, secara otomatis terlihat unit mana yang harus dites untuk melakukan validasi terhadap kode tersebut. Tool lainnta akan menunjukkan secara rinci informasi bug yang ada di dalam kode jika tes gagal," ujar Dave Mandlen, direktur marketing untuk developer tools Microsoft. Ia mengatakan, hal ini penting, karena para pengembang sering menolak melakukan testing secara reguler saat menulis kode karena menghbaiskan waktu atau sulit untuk menentukan bagian tertentu yang harus dites.

Pada Visual Studio 2010, Microsoft juga memperkenalkan fitur baru yang fungisnya menyerupai kotak hitam pesawat. Saat tes dilakukan, setiap keadaan akan direkam. Dengan demikian, tester dapat melihat jejak (log) sepanjang pengujian sehingga dapat melacak bug dan setiap layer kesalahan.

Visual Studio Team System 2010 akan dilengkapi stategi pemodelan yang disebut Oslo yang pernah diungkapkan pertama kali pada konferensi TechEd awal tahun ini. Fitur Architecture Explorer akan menyediakan diagram proses pembuatan aplikasi yang mendukung UML (Unified Modeling Language) dan sejenisnya.

Kredit: Kompas tekno

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah Cuti Bersama di Indonesia

Jadwal Per Delapan Final (16 Besar) Euro 2016